Sekolah Dolanan Tradisional Sebagai Tempat Pengembalian Eksistensi Permainan Tradisional di Kampung Tambak Lorok Semarang

rexza berliyana, Rachelina Nur Ilyasaf, Sari Ayu Wulandari

Abstract


Indonesia adalah negara dengan kekayaan yang sangat ruah melimpah. Dimulai dari sumber daya alam, tanah yang subur dan kekayaan budaya. Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010 menyebutkan bahwa ada 1.331 suku dan 652 bahasa daerah yang berbeda. Tidak hanya terletak dari kekayaan bahasa daerah, indonesia juga memiliki kekayaan pada budayanya. Salah satu dari kekayaan budaya di Indonesia adalah permainan tradisional. Bhisop dan Curtis (2005) mengatakan bahwa permainan tradisional adalah permainan yang telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan permainan tersebut mengandung nilai baik, positif, bernilai dan diinginkan. Permasalahan terhadap mulai ditinggalkannya permainan tradisional dikalangan anak-anak ini terjadi di salah satu wilayah di kota Semarang. Permasalahan ini terjadi diĀ  Kampung Tambak Lorok. Kampung Tambak Lorok adalah salah satu wilayah di kota semarang yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Kurangnya minat anak-anak dalam bermain permainan tradisional membuat eksistensi permainan tradisional dikalangan anak-anak mulai memudar dan jarang dimainkan. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya sebuah solusi yaitu dengan diadakannya sebuah sekolah sabtu untuk mengenalkan kembali kepada anak-anak tentang permainan tradisional yang eksistensinya mulai dilupakan oleh kalangan anak-anak Indonesia khususnya anak-anak Tambak Lorok Kota Semarang.


Keywords


Permainan tradisional, Eksistensi, dan Tambak Lorok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rexza berliyana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :