Pengembangan Media Komunikasi Digital Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang Melalui Pemetaan Masjid Berbasis Android Untuk Meningkatkan Integrasi Informasi Organisasi

Muhammad Syaifur Rohman, Galuh Wilujeng Saraswati, Nurul Anisa Sriwinarsih

Abstract


Dewan Masjid Indonesia (DMI) adalah organisasi tingkat nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat salah satunya melalui aplikasi yang dibuatnya. Namun aplikasi tersebut masih banyak kekurangan terutama mengenai informasi masjid di Kota Semarang. Berdasarkan permasalahan tersebut DMI kota Semarang bekerjasama dengan Pemerintah Kota semarang dengan mengembangkan aplikasi pencarian masjid yang digunakan untuk menemukan lokasi masjid terdekat dari posisi pengguna. Untuk melengkapi aplikasi DMI kota Semarang untuk menyajikan detail informasi dan data seluruh masjid di kota semarang maka perlu adanya pendataan titik kordinat masjid. Titik koordinat ini nantinya akan menghubungkan titik koordnat masjid dengan posisi pengguna shingga dapat memandu jamaah untuk sampai kemasjid yang dituju. Dengan menggunakan media komunikasi Grup Whatsapp, maka pendataan titik kordinat masjid akan dikirimkan oleh para takmir yang tergabung didalamnya. Program pengabdian masyarakat ini bermanfaat bagi Pengurus Daerah DMI Kota Semarang, Para Takmir Masjid dan masyarakat Semarang dengan luaran berupa aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang dapat memberikan lokasi masjid masjid dengan jarak terdekat melalui Media Komunikasi grup Whatsapp untuk pengelolaan produk dan kegiatan masjid Kota Semarang. Selain itu melalui Media Komunikasi grup Whatsapp yang sudah disediakan, pelayanan informasi untuk jamaah terkait dengan penggunaan aplikasi bisa dilakukan setiap saat.


Keywords


Location Based Service, Marketing Communication, Aplikasi Android, Dewan Masjid Indonesia

Full Text:

PDF

References


B. P. Statistik And K. Semarang, “Pusat Informasi Publik Balaikota Semarang,” 2017.

S. A. And R. F. R. M A Muchtar, M F Syahputra, N Syahputra1, “Augmented Reality For Searching Potential Assets In Medan Using Gps Based Tracking Augmented Reality For Searching Potential Assets In Medan Using Gps Based Tracking,” 2017.

D. Abdullah And U. Malikussaleh, “Aplikasi Database Masjid Berbasis Web Gis,” No. January 2015, 2017.

S. P. Muhammad Sholeh, “Aplikasi Mobile Pencari Masjid Dan Mushola Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Google Maps آذر,” Vol. 8, No. 33. P. 44, 2014.

D. M. Isnaeni, F. Mintarsih, And F. Fahrianto, “Implementasi Algoritma Meeus Dalam Penentuan Waktu Shalat Dan Pencarian Masjid Terdekat,” Vol. 8, No. 1, Pp. 1–10, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Syaifur Rohman



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :