Meningkatkan Partisipasi Konsumen melalui Konten Digital Storytelling

Candra Yudha Satriya, Heni Indrayani

Abstract


Dari 64 juta UMKM yang ada di Tanah Air hampir semuanya mengalami penurunan omzet. Alasan utama dari terjadinya penurunan omzet tersebut dikarenakan turunnya daya beli masyarakat karena tidak adanya pelanggan. Belum lagi sejak adanya pembatasan mobilitas masyarakat akibat pandemi Covid-19 membuat semuanya menjadi terhambat, kegiatan jual beli dipaksa untuk bergeser di dunia maya. Kemajuan teknologi internet memfasilitasi terjadinya jual beli dan mengurangi biaya pemasaran, UMKM dapat terhubung dengan konsumennya melalui penggunaan storytelling. Studi tentang storytelling secara digital merupakan kebutuhan untuk memahami potensi storytelling sebagai alat komunikasi pemasaran yang secara positif mempengaruhi tingkat partisipasi yang dirasakan konsumen terhadap merek tertentu. Digital storytelling. Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana UMKM memanfaatkan penggunaan teknik digital storytelling untuk terhubung secara aktif dengan pelanggan dan mendorong tercapainya pendapatan dan pengelolaan reputasi secara online. Oleh karena itu, untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan konten Media Sosial para UMKM di Semarang secara online, telah dilakukan creative webinar  pembuatan konten dengan teknik digital storytelling. Ketrampilan yang diajarkan adalah strategi pembuatan konten digital storytelling untuk meningkatkan partisipasi konsumen melalui pengelolaan konten dan pembuatan narasi storytelling. Hasil pengabdian telah menunjukkan secara positif bagaimana peserta sangat antusias dalam mempraktikkan teknik digital storytelling dan berupaya untuk segera menerapkannya.


Keywords


komunikasi pemasaran, digital storytelling, UGC, partisipasi konsumen

Full Text:

PDF

References


Lim and Childs, 2020. Visual storytelling on Instagram: branded photo narrative and the role of telepresence. Journal of Research in Interactive Marketing.

Brodie, et al. 2011. Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Sage Journal.

Kemp, E., M. Porter III., N.A. Anaza, and D.-J. Min. 2021. The impact of storytelling in creating irm and customer connections in online environments". Journal of Research in Interactive Marketing.

Fog, K., C. Budtz, P. Munch, and S. Blanchette. 2010. Storytelling Branding in Practice. New York: Springer.

Dias and Cavalheiro. 2021. The role of storytelling in the creation of brand love: the PANDORA case. Journal of Brand Management.

Baker, B., and C. Boyle. 2009. The timeless power of storytelling. Journal of Sponsorship.

Fog, K., C. Budtz, P. Munch, and S. Blanchette. 2010. Storytelling Branding in Practice. New York: Springer.

Signorelli, J. 2014. StoryBrandingTM 2.0: Creating Stand-Out Brands Through the Purpose of Story. Greenleaf Book Group.

Biesenbach, R. (2018). Unleash the Power of Storytelling: Win hearts, Change minds, Get results. Illinois: Eastlawn Media.

Batra, R., A. Ahuvia, and R.P. Bagozzi. 2012. Brand love. Journal of Marketing.

Mancuso, J., and K. Stuth. 2014. Storytelling and marketing: the perfect pairing? sharing your ‘brand selfie’ on social media. Marketing Insights.

Anaza, et al. 2020. Tell me a story: The role of narrative transportation and the C-suite in B2B advertising. Industrial Marketing Management Journal.

Denning, S. 2006. Effective storytelling: Strategic business narrative techniques. Strategy and Leadership 34 (1): 42–48. https://doi. org/10.1108/10878570610637885.

Mucundorfeanu, M. (2018). The Key Role of Storytelling in the Branding Process. Journal of Media Research.

Woodside, A.G., S. Sood, and K.E. Miller. 2008. When consumers and brands talk: storytelling theory and research in psychology and marketing. Psychology and Marketing.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0.

Fisher, W. R. 1984. Narration as a Human Communication Paradigm: The Case Of Public Moral Argument. Communication Monographs,256–287.

McKee, R., and T. Gerace. 2018. Storynomics: Story-Driven Market- ing in the Post-Advertising World. New york: Twelve.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 candra yudha satriya, Heni Indrayani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :