Pemanfaatan Digital Marketing dalam Percepatan Rintisan Taman Agrowisata Di Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal

Rita Meiriyanti, Rauly Sijabat, Prianka Ratri Nastiti

Abstract


Berdasarkan hasil survey dan wawancara yang dilakukan dengan pihak terkait diketahui bahwa permasalahan utama taman Agrowisata di Desa Tamanrejo adalah belum terbangunnya sistem jaringan pemasaran dan promosi produk kepariwisataan. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk mendorong percepatan rintisan taman Agrowisata di Desa Tamanrejo melalui pemanfaatan peran digital marketing. Dengan menggunakan model digital roadtrip melalui platform Instagram dan Facebook ditemukan bahwa metode tersebut mampu mempromosikan potensi wisata di Desa Tamanrejo, karena fitur utamanya yang mengunggulkan pembagian gambar dan video, sehingga pengguna Instagram dan Facebook seolah-olah merasa berada di kawasan taman Agrowisata. Penggunaan platform Youtube sebagai media untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video profil taman Agrowisata. Kegiatan pelatihan mengenai pemanfaatan digital marketing dinilai tepat dilakukan kepada penduduk usia muda, sebagai proporsi terbesar pengguna aktif media sosial. Dengan pelatihan yang dilaksanakan, kelompok pemuda di Desa Tamanrejo dapat secara mandiri merancang konten di media sosial untuk tujuan promosi. Temuan penting dalam pengabdian masyarakat ini adalah guna mencapai percepatan rintisan taman Agrowisata, diperlukan sinergi yang menyeluruh dari semua lapisan Masyarakat. Caranya dengan mendorong pengguna aktif Instagram, Facebook, dan Youtube di Desa Tamanrejo untuk mengikuti “Instagram, Facebook, dan Youtube taman Agrowisata,” membagikan setiap momen yang dilakukan ketika bersinggungan dengan aktivitas wisata di taman Agrowisata.

Keywords


Agrowisata, Tamanrejo, Digital Marketing, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


E. Inskeep, Tourism planning : an integrated and sustainable development approach. New York : Van Nostrand Reinhold, 1991.

I. K. M. Putra, N. W. Sumetri, N. L. P. I. Rumini, I. W. E. D. Rahmanu, C. G. P. Yudistira, and K. D. C. Putra, “The Study on Village Tourist Potential Exploration in Karangasem Regency,” Proc. Int. Conf. Appl. Sci. Technol. Soc. Sci. (ICAST-SS 2020), vol. 544, pp. 400–405, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210424.077.

V. T. Tran and H. Hue Do, “An Impact of Social Media and Online Travel Information Search in Vietnam,” J. Tour. Res. Hosp., vol. 05, no. 01, 2016, doi: 10.4172/2324-8807.1000153.

R. Briandana and N. A. Dwityas, “Social Media in Travel Decision Making Process,” Int. J. Humanit. Soc. Sci., vol. 7, no. 7, pp. 193–201, 2017.

N. Komariah, E. Saepudin, P. M. Yusup, and S. Rodiah, “Strategi Promosi Desa Wisata Agro di Desa Paledah Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 67–71, 2019.

F. Firmansyah, T. Fadhilah, A. Catur, E. Nurmelia, and R. Rachmansyah, “Application of Digital Communication to Increase The Tourism Promotion in Dayeuh Kolot Village, Subang,” Mediat. J. Komun., vol. 14, no. 1, pp. 54–65, 2021, doi: 10.29313/mediator.v14i1.7627.

F. Tjiptono, Marketing Strategy. Yogyakarta : Andi, 2006.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rita Meiriyanti, Rauly Sijabat, Prianka Ratri Nastiti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :