Penerapan Konsep Rumah Tahan Gempa Pada Desa Afdilling II Bukit Aceh Timur

Eka Mutia, Ellida Novita Lydia, Meilandy Purwandito

Abstract


Pada wilayah timur Aceh terdapat Sesar Langsa yang dapat memicu terjadinya gempa di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur. Desa Afdelling II Bukit Aceh Timur berada diperbukitan dan rentan terhadap bencana gempa bumi. Masyarakat Desa Afdelling II Bukit membangun konstruksi rumah di tanah lempung yang labil. Konstruksi rumah yang dibangun berdasarkan pengalaman turun temurun tanpa memperhatikan kaidah-kaidah dan standar rumah tahan gempa. Hal ini disebabkan masyarakat tidak memiliki pengetahuan tentang standar dan tatacara membangun rumah tahan gempa. Tim PKM melakukan pelatihan kepada masyarakat Desa Afdelling II Bukit tentang konsep membangun rumah tahan gempa yang sesuai dengan Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Tahan Gempa tahun 2006. Modul Pelatihan dan penggunaan istilah ilmiah disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, sosial, dan budaya setempat. Hal ini maksudkan agar masyarakat lebih mudah memahaminya. Pada akhir kegiatan juga dilakukan simulasi dan evaluasi mengenai tingkat pemahaman masyarakat terhadap konsep rumah sederhana tahan gempa. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat positif dari Kepala Desa dan masyarakat. Desa Afdelling II Bukit diharapkan dapat menjadi salah satu contoh desa yang tangguh bencana gempa melalui optimalisasi mitigasi bencana gempa dengan memiliki konstruksi bangunan yang tahan gempa.


Keywords


earthquake-resistant house, training, earthquake

Full Text:

PDF

References


Y. P. Prihatmaji, W. B. Pramono, and C. A. Nugroho, “Penyuluhan Bangunan Rumah Tahan Gempa Sebagai Optimalisasi Mitigasi Gempa Bumi,” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 3, 2013.

B. Hadibroto and S. Ronitua, “Perbaikan dan Perkuatan Bangunan Sederhana Akibat Gempa,” Jurnal Education Building, vol. 4, no. 1, pp. 2477–4898, 2018, [Online]. Available: http://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi

N. N. K. J. F. H. A. S. Buan Anshari, “Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Bangunan Rumah Tahan Gempa Di Desa Pemenang Timur Kabupaten Lombok Utara,” Jurnal PEPADU, vol. 1, no. 1, 2020.

B. Mustafa, “Analisis Gempa Nias dan Gempa Sumatera Barat dan Kesamaannya yang Tidak Menimbulkan Tsunami,” Jurnal Ilmu Fisika (JIF), vol. 2, no. 1, 2010.

M. Taufiq and Y. Saputra, “Evaluasi Kerusakan Bangunan Sederhana Akibat Gempa Bumi di Halmahera Selatan,” Jurnal of Science and Engineering , 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 eka mutia, Ellida Novita Lydia, Meilandy Purwandito



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :