Strategi dan Pengembangan Pemasaran UMKM “Like Cake” di Masa Pandemi COVID-19

Moh. Firdaus, Felicia Agnes Jahja, Gabriella Nathania Santosa, Gaizka Elbert, Icha Hafsari, Michelle Elie Tanujaya, Stephen Teja Winata, Timotius Raynaldo, Permata Nur Miftahur Rizki

Abstract


Sejak kasus COVID-19 pertama terdeteksi di Indonesia pada tahun 2021, berbagai industri perlu melakukan penyesuaian terhadap cara kerja pemasarannya, termasuk industri  Food & Beverage. Sehingga, perlu dilakukannya pengkajian kembali atas strategi pemasaran yang paling efektif. Sebagai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kelompok telah memberikan pendampingan dan mengajarkan konsep wirausaha kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bergerak pada industri Food & Beverage. Tujuan penulisan adalah untuk menunjukkan strategi dan hasil pemasaran yang telah dilakukan kelompok untuk membantu Mitra. UMKM yang Kelompok dampingi adalah bisnis dessert box bernama ‘Like Cake’ yang berlokasi di Kabupaten Kuningan. Untuk mengoptimalkan pemasaran pada masa pandemi, kelompok menyusun strategi pemasaran digital melalui konten   untuk peningkatan performa media sosial, mengubah penampilan pada packaging dan logo untuk merubah brand image, dan memperluas akses terhadap pembelian produk dengan membuatkannya akun Grabfood dan memperluas akses nomor telepon. Kelompok juga mengajarkan Mitra mengenai pencatatan keuangan untuk dapat mengukur keberhasilan strategi pemasaran.  Melalui pendampingan kelompok, strategi pemasaran menunjukkan keberhasilan dilihat dari jumlah penjualan, perubahan terhadap brand image, dan peningkatan jumlah reach terhadap produk Like Cake. Artikel ini diharap dapat membantu para pelaku UMKM untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif, dan menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan agar bisa terus bertahan.


Keywords


UMKM; Pandemi; Pemasaran Digital; Merek

Full Text:

PDF

References


“Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia,” BKPM. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia (diakses 12 Agustus 2022).

“Milyar - 5 TOTAL EKSPOR NON MIGAS (A+B).pdf.” Diakses: 12 Agustus 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1650868533_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019%20=.pdf

K. N. Ihza, “DAMPAK COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ( Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto),” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 7, Art. no. 7, Nov 2020, doi: 10.47492/jip.v1i7.268.

F. P. Musay, “PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN”.

M. T. Febriyantoro dan D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Felicia Agnes Jahja, Gabriella Nathania Santosa, Gaizka Elbert, Icha Hafsari, Michelle Elie Tanujaya, Moh. Firdaus, Stephen Teja Winata, Timotius Raynaldo, Permata Nur Miftahur Rizki



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :