Pembelajaran STEM Berbasis Robotika Sederhana Bagi Guru Sekolah Dasar di Karimunjawa

Riza Arifudin, Abas Setiawan, Zaenal Abidin, Devi Ajeng Efrilianda, Jumanto Jumanto

Abstract


STEM adalah inovasi pembelajaran yang dirancang untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang bermakna. STEM merupakan singkatan dari science, technology, engineering dan Mathematic. Istilah tersebut mengacu pada pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat disiplin ilmu ke dalam satu proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong siswa untuk berpikir kritis, menyeluruh dan inovatif ketika menemukan solusi untuk masalah mereka. Robot Edukasi adalah alat pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan STEM, pengkodean, pemikiran komputasi, dan keterampilan teknik ke dalam satu proyek. Robotika memberi siswa kesempatan untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi bekerja dalam kehidupan nyata. Jenis robot yang digunakan adalah robot dengan panel surya dengan enam variasi bentuk. Peserta pada pengabdian ini adalah guru-guru kelas di SD Negeri 1 Karimunjawa. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini. Peserta dapat merakit robot sesuai dengan bentuk yang diingatkan dalam kelompoknya. Salah satu yang terpenting pada pengabdian ini, dengan menggunakan robot dapat membuat lingkungan belajar yang menyenangkan dan mengasyikkan melalui integrasi sifat praktis dan teknologinya. Lingkungan belajar yang menarik memungkinkan peserta didik untuk mempelajari semua keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka guna menyelesaikan proyek yang diminati. Para guru sangat menyambut positif dan antusias sekali dalam melakukan kegiatan ini.

 

Kata kunci: Pembelajaran STEM, robot edukasi, guru

Full Text:

PDF

References


Y. Estriyanto, “Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Techology, Engineering, Art, And Mathemathics) pada Guru-Guru Sekolah Dasar di Pacitan,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, vol. 13, no. 2, Oct. 2020, doi: 10.20961/jiptek.v13i2.45124.

R. Long and S. Davis, “Using STEAM to Increase Engagement and Literacy Across Disciplines,” STEAM, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, Dec. 2017, doi: 10.5642/steam.20170301.07.

H. Goh and M. B. B. Ali, “Robotics as a Tool to STEM Learning,” International Journal for Innovation Education and Research, vol. 2, no. 10, pp. 66–78, Oct. 2014, doi: 10.31686/ijier.vol2.iss10.248.

A. Eguchi, “Robotics as a Learning Tool for Educational Transformation,” 2014. [Online]. Available: http://www.softbank.jp/en/corp/group/sbm/news/press/2014/20140605_01/

Kemdikbud, “Merdeka Belajar, Guru Penggerak - Pidato Mendikbud untuk Hari Guru Nasional 2019,” https://www.youtube.com/watch?v=k8A9QkwhW5A, 2019.

M. Sekar and T. Soenyoto, “Survey Manajemen Watersport Salma Dive Shope Centre Di Kepulauan Taman Nasional Karimunjawa,” Indonesian Journal for Physical Education and Sport (INAPES), vol. 3, no. 1, pp. 79–83, 2022, doi: 10.15294/INAPES.V3I1.54961.

O. Donna Ekawaty, A. Yulianto, and J. Perhotelan, “Pemberdayaan Masyarakat Lokal di Karimunjawa Jawa Tengah,” Journal of Innovation Research and Knowledge, 2022.

N. Dwidayati and S. Subhan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bernuansa Budaya Lokal Bagi Guru SMPN 1 Karimunjawa Kabupaten Jepara,” Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), vol. 2, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://www.journal.itk.ac.id/index.php/sepakat

E. Sulistiyono et al., “Efektivitas Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 7, no. 3, pp. 791–795, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1207.

STEM Task Force, Innovate: A blueprint for science, technology, engineering, and mathematics in California public education. 2014.

Keseharian Rifa, “Cara Merakit Robot Kits 16 in 1 Educational Solar Kit,” https://youtu.be/qSUPsAUSams, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riza Arifudin, Abas Setiawan, Zaenal Abidin, Devi Ajeng Efrilianda, Jumanto Jumanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :