Aplikasi Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif Bagi Mahasiswa

Puri Kusuma Dwi Putri, Susri Adeni, Rahmawati Zulfiningrum

Abstract


Penulisan riset pada mahasiswa tingkat akhir merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Dalam penulisan riset mahasiswa perlu mengetahui perbedaaan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif berdasarkan tujuan penelitian yang akan dicapai. Metode penelitian kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis yang sudah ditentukan oleh peneliti, sedangkan metode penelitian kualitatif dilakukan untuk melakukan generalisasi makna dari fenomena komunikasi. Penelitian dilakukan bukan karena ingin menghindari angka-angka statistik secara kuantitatif atau penulisan makna yang mendalam pada metode penelitian kualitatif. Webinar mengenai aplikasi riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif bagi mahasiswa diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif diselenggarakan pada 20 Mei 2022. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung dengan baik dan lancar diikuti 79 audiens melalui Zoom meeting dan live streaming YouTube TV KU dari Udinus. Saat webinar berlangsung terjadi proses diskusi dan tanya jawab peserta. Pada akhir webinar diharapkan peserta dapat mengetahui dan memahami pendekatan penelitian yang tepat sehingga dapat digunakan saat melakukan penelitian. Saran dari tim pengabdian agar acara webinar aplikasi riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif pada jurusan ilmu komunikasi dapat diinformasikan secara luas.


Keywords


komunikasi; kualitatif; kuantitatif; riset

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

A. Haryono, ETNOGRAFI KOMUNIKASI: Konsep, Metode, dan Contoh Penelitian Pola Komunikasi. Jember: UPT Penerbitan UNEJ, 2015. [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75278

R. Al fakhuriziah and M. N. Esthetika, “Etnografi Komunikasi Orang Tua - Anak di Kampung Inggris,” KANAL(JURNAL ILMU KOMUNIKASI), vol. 4, no. 2, pp. 145–156, 2016, doi: https://doi.org/10.21070/kanal.

Y. N. Gusmiarti, Awalia., “Etnografi Komunikasi Tradisi Hari Raya Enam Di Kelurahan Pulau Kecamatan Bangkinang,” Jom Fisip, vol. 6, no. 1, pp. 1–13, 2019.

R. L. A. Prihardiati, “Teori Hukum Pembangunan Antara Das Sein Dan Das Sollen,” Hermeneutika, vol. 5, no. 1, pp. 84–97, 2021, doi: http:http//dx.doi.org/10.33603/hermeneutika.v5i1.4898.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Puri Kusuma Dwi Putri, Susri Adeni, Rahmawati Zulfiningrum



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :