Pelatihan Foto Produk Sebagai Upaya Peningkatan Promosi UMKM Wayang Kulit Desa Galengdowo

Laurentia Yuke Elsinta, Susan Jaya Witama, Audrey Vivian Chandra, Lisa Indriati

Abstract


Pengabdian masyarakat ini mengulas mengenai masalah yang dihadapi oleh UMKM Wayang Kulit Desa Galengdowo. UMKM ini memproduksi wayang kulit yang merupakan buatan tangan dan peralatan manual. Kurangnya ilmu jangka panjang menjadikan UMKM Wayang Kulit sulit bersaing. Dari hasil observasi didapati bahwa belum terdapat pemanfaatan media sosial yang maksimal. Pemilik usaha selama ini hanya menerima pesanan melalui media sosial Facebook saja. Tidak hanya itu, tetapi pengambilan gambar produk juga tidak proporsional dan banyak bagian yang terpotong atau tidak terlihat karena kesalahan angle kamera. Beberapa produk juga difoto dengan tidak menggunakan pencahayaan yang baik sehingga konsumen tidak dapat melihat foto produk dengan jelas. Maka dari itu, artikel ini bertujuan untuk membagikan pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan foto produk yang dilakukan melalui metode observasi dan pelatihan. Pelatihan dilakukan melalui 2 tahap, yaitu tahap sosialisasi dan praktik. Pelatihan foto ini bertujuan agar UMKM Wayang Kulit Desa Galengdowo dapat mengemas produk wayang kulit dalam foto yang terlihat menarik secara visual sehingga dapat menjadi penunjang penjualan produk.



Keywords


Foto Produk; UMKM; Wayang Kulit

Full Text:

PDF

References


Aeni, S., 2022, 7 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?, https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61fca09c885da/7-negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomor-berapa, diakses tgl 18 Agustus 2022.

Restu, 2022, Dampak Pertumbuhan Penduduk dan Cara Mengatasinya, https://www.gramedia.com/literasi/dampak-pertumbuhan-penduduk/, diakses tgl 18 Agustus 2022.

Limanseto, H., 2022, Akselerasi Peningkatan Kualitas SDM dan Jiwa Kewirausahaan untuk Meningkatkan Peluang Para Entrepreneur UMKM - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3945/akselerasi-peningkatan-kualitas-sdm-dan-jiwa-kewirausahaan-untuk-meningkatkan-peluang-para-entrepreneur-umkm, diakses tgl 18 Agustus 2022.

Achmad, B., 2022, Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) 2022, https://kemahasiswaan.itenas.ac.id/?p=2450, diakses 29 tgl Agustus 2022.

Salma, 2022, Sosialisasi Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Tahun 2022, https://www.duniadosen.com/program-peningkatan-kapasitas-organisasi-kemahasiswaan-2022/, diakses tgl 29 Agustus 2022.

Qnet Official, 2022, 7 Strategi Bisnis Untuk Bersaing di Era Digital, https://www.qnetindonesia.com/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/, diakses tgl 18 Agustus 2022.

Hermawan, E., Dewi Kurnia, M. and Senja, N., 2021, Pemberdayaan Pelaku Usaha Ikan Asin Melalui Pembuatan Mini Studio dan Pelatihan Foto Produk, Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, vol 4(2), hal 81.

Fisipol, 2021, Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi, https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2021/12/24/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-media-promosi/#:~:text=Manfaat%20dari%20pemasaran%20melalui%20sosial,tertarik%20buat%20membeli%20produk%20Anda, diakses tgl 19 Agustus 2022.

Anam, K., 2022, Instagram & Tiktok Minggir, Ini Raja Platform Sosial Media RI, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220612115314-37-346302/instagram-tiktok-minggir-ini-raja-platform-sosial-media-ri, diakses tgl 19 Agustus 2022.

Ratnaningtyas, R., 2022, Pelatihan Foto Produk bagi Aswan Snack, Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol 4(2), hal 497.

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. and Qeis, M., 2020, Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19, Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, vol 18(2), hal 180-189.

Sari, A., 2021, Smartphone Photography: Simpel dan Praktis Mendukung Sosial Media Kantor, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/14521/Smartphone-Photography-Simpel-dan-Praktis-Mendukung-Sosial-Media-Kantor.html, diakses tgl 23 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Laurentia Yuke Elsinta, Susan Jaya Witama, Audrey Vivian Chandra, Lisa Indriati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :