Health Literacy: Transisi Pandemi-Endemi Covid-19 pada Guru dalam Akselerasi Pemahaman Siswa di Kecamatan Bulak Surabaya

Fariani Syahrul, Annis Catur Adi, Riris Diana Rachmayanti, Eny Qurniyawati, Siti Shofiya Novita Sari, Arina Mufida Ersanti, Laura Navika Yamani, Daniel Christanto, Faradillah Rahmy Savitri

Abstract


Penurunan kasus COVID-19 memunculkan isu kesiapan Indonesia menghadapi COVID-19 yang awalnya berstatus pandemi menjadi endemi. Oleh karena proses transisi menuju endemi itu artinya bukan berarti kasus COVID-19 tidak ada sama sekali tapi tetap kasus itu akan ada. Kondisi ini membuat masyarakat harus bersiap untuk terus berdampingan dengan COVID-19. Tujuan kegiatan untuk akselerasi pemahaman guru terhadap kondisi pergesaran pandemi menuju endemi sebagai upaya preventif pasca pandemi COVID-19. Kegiatan inti berupa edukasi kepada guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan media buku saku dan materi dalam bentuk digital. Buku saku sebagai bahan saat guru melakukan edukasi pada anak didik dilengkapi dengan materi dalam bentuk digital. Hasil penilaian pengetahuan sebelum dilakukan edukasi (pre-test) mempunyai rata-rata 71,44. Rata-rata nilai pengetahuan meningkat saat post-test, yaitu 78,67. Evaluasi kehadiran yaitu 45 guru yang hadir dari 50 guru yang diundang (90%). Kegiatan ini telah memberikan kontribusi peningkatan pengetahuan guru SD dan SMP terkait pemahaman kondisi pergeseran pandemi menuju endemi, sehingga diharapkan guru SD dan SMP bisa melakukan edukasi kepada anak didik sebagai upaya preventif pasca pandemi COVID-19.


Keywords


COVID-19, pandemi, endemi, kesehatan masyarakat

Full Text:

PDF

References


M. Masrul et al., Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis, 2020.

F. W. Hermawan, “Mengenal Pandemi, Endemi, dan Epidemi COVID-19,” Infopublik, 2021. https://www.infopublik.id/kategori/sorot-sosial-budaya/575367/mengenal-pandemi-endemi-dan-epidemi-covid-19 (accessed Nov. 02, 2022).

Z. Arifin, “Tren Kasus Covid-19 Melandai, Kota Malang Masuk PPKM Level 2,” Surabaya Liputan 6, 2022. https://surabaya.liputan6.com/read/4919722/tren-kasus-covid-19-melandai-kota-malang-masuk-ppkm-level-2

Rokom, “Pemerintah Tidak Terburu-buru Melakukan Transisi dari Pandemi ke Endemi,” Sehat Negeriku, 2022. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220315/1539530/pemerintah-tidak-terburu-buru-melakukan-transisi-dari-pandemi-ke-endemi/

Kominfo, “Menkes Tekankan Kesiapan Masyarakat dalam Transisi Pandemi ke Endemi,” Kominfo, 2022. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40987/menkes-tekankan-kesiapan-masyarakat-dalam-transisi-pandemi-ke-endemi/0/berita

WHO, “COVID-19 policy briefs,” WHO, 2022. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/covid-19-policy-briefs

Y. Adrian and R. L. Agustina, “Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.,” Lentera J. Ilm. Kependidikan, vol. 14, no. 2, pp. 175–181, 2019.

A. Marjuni, “Penghargaan Profesi Guru Sebagai Agen Perubahan,” J. Inspiratif Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 208–217, 2020.

R. Amiruddin, Kebijakan dan respons epidemik penyakit menular. PT Penerbit IPB Press, 2019.

N. Rohmah, “Adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19,” AL-MIKRAJ J. Stud. Islam Dan Hum. (E-ISSN 2745-4584), vol. 1, no. 2, pp. 78–90, 2021.

D. G. Putra and A. E. K. M. Wayoi, Ketika Pandemi Menjadi Endemi. SCU Knowledge Media, 2022.

O. J. Sumampouw, Pemberantasan Penyakit Menular. Deepublish, 2017.

C. Saunders, D. Palesy, and J. Lewis, “Systematic review and conceptual framework for health literacy training in health professions education,” Heal. Prof. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 13–29, 2019.

M. Leaning, “An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy,” Media Commun., vol. 7, no. 2, pp. 4–13, 2019.

A. J. T. Tohara, “Exploring Digital Literacy Strategies for Students with Special Educational Needs in the Digital Age.,” Turkish J. Comput. Math. Educ., vol. 12, no. 9, pp. 3345–3358, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fariani Syahrul



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :