Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalitas SDM BUMDES “Berkah Alam Lestari” Guna Mengembangkan Unit Bisnis Unggulan Berbasis Potensi Lokal

Deby Luriawati Naryatmojo, - Kusumantoro, Muh Ibnan Syarif

Abstract


Pembentukan BUMDes ditentukan berdasarkan potensi yang dimiliki masing-masing desa. BUMDes Berkah Alam Lestari (Mitra) yang terletak di Desa Ngesrepbalong, Limbangan, Kendal memiliki fokus bisnis utama dalam sektor pariwisata dengan fokus tiga unit usaha yang berada di Secepit (Gunungsari), Bendolimo dan Siratangi. Potensi lokal yang dimiliki Desa Ngesrepbalong terdiri dari atraksi wisata alam, keanekaragaman hayati, atraksi budaya dan produk olahan lokal. Permasalahan yang dialami mitra adalah (1) BUMDes belum memiliki proses perencanaan bisnis khususnya terkait dengan kegiatan bagi hasil (SOP), (2) BUMDes belum memiliki kapasitas SDM untuk mengelola bagi hasil dari kegiatan usaha, (3) Belum adanya perancangan destination branding sebagai identitas untuk memperkenalkan pariwisata Desa Ngesrepbalong, (4) Keterbatasan kapasitas SDM dalam pengelolaan media dan publikasi untuk promosi wisata, (5) Keterbatasan kapasitas SDM pemandu wisata untuk berkomunikasi mendampingi tamu dan wisatawan. Solusi yang ditawarkan mitra melalui peningkatan profesionalitas kelembagaan dan kapasitas SDM BUMDes, branding dan promosi wista berbasis digital, dan peningkatan kapasitas SDM pemandu wisata melalui storytelling.


Keywords


BUMDes, Branding, Tourism

Full Text:

PDF

References


P. Qomariyah, “BUMDes Sebagai Ikhtiar untuk Meretas Jalan Kemandirian Ekonomi Lokal,” 2020, pp. 100–124.

P. R. Indonesia, Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa, no. Badan Usaha Milik Desa. Indonesia: Presiden Republik Indonesia, 2021, pp. 1–71.

D. Leniwati and A. N. Aisyah, “Pengelolaan Ekowisata Boonpring oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” Jati J. Akunt. Terap. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 127–139, 2021, doi:

18196/jati.v4i2.12414.

S. B. Nugraha, “Pemetaan Potensi Desa Ngesrepbalong Berbasis Masyarakat,” Dimas J. Pemikir. Agama untuk Pemberdaya., vol. 21, no. 2, pp. 153–166, 2022, doi: 10.21580/dms.2021.212.6877.

A. Lubis, “Peranan Komunikasi Pemandu Wisata,” J. Al Idarah - J. Pengkaj.

Dakwah dan Manaj., vol. VII, no. 2, pp. 51–61, 2019, doi:

http://dx.doi.org/10.37064/ai.v7i2.7810.

R. M. Purwaningsih, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Candi Prambanan Tinjauan Khusus pada Kemampuan Berbahasa Verbal,” J. Nas. Pariwisata, vol. 5, no. 3, pp. 146–153, 2013.

P. Fongo, R. P. Fanggidae, and R. E. Fanggidae, “Pengaruh Storytelling Terhadap Keputusan Pembelian,” Semin. Nas. Manaj. Bisnis APSMBI 2019, no. August, pp. 8–21, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deby Luriawati Naryatmojo, Kusumantoro, Muh. Ibnan Syarif



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :