Pendampingan Belajar bagi Anak Usia Sekolah Dasar dan Menengah

Mila Chrismawati Paseleng, - Krismiyati, Hanita Yulia

Abstract


Pendampingan belajar bagi anak usia dasar dan menengah ini dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan peserta didik yang berjemaat di GBI Karanggede. Mereka mengalami kesulitan belajar untuk mempersiapkan tes atau ujian khususnya pada mata pelajaran matematika dan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, pendampingan ini dirancang untuk memfasilitasi belajar anak mulai usia sekolah dasar hingga sekolah menengah secara intensif oleh tim dosen dan mahasiswa yang ada di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. PkM ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan melibatkan tim dosen, mahasiswa, anak usia SD dan sekolah menengah yang ada di GBI Karanggede. Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan ini terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Menurut hasil evaluasi dan wawancara singkat dengan orang tua murid, anak -anak yang terlibat dalam kegiatan ini meningkat hasil belajarnya dan salah satu peserta berhasil lolos seleksi nasional perguruan tinggi negeri.


Keywords


pendampingan belajar, PkM, hasil belajar, kesulitan belajar

Full Text:

PDF

References


A. Santoso and Y. Rusmawati, “Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan,” J. Abdimas Berdaya J. Pembelajaran, Pemberdaya. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 02, pp. 36–43, 2019.

M. Fatah, F. M. Suud, and M. T. Chaer, “Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal,” Psycho Idea, vol. 19, no. 1, p. 89, 2021.

N. W. . Darmayanti and I. N. Sueca, “Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 3, no. 2, p. 207, 2020.

I. Rosidah, M. Maruf, and M. Machfud, “Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Di Desa Kraton Masa Pandemi Covid-19,” Al-Khidmat, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2021.

R. Sabela, T. Oktaviani, and S. Saryanto, “Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan,” Dedik. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 32–39, 2022.

E. Agustina, A. Rohmah, and H. R. Kuspiyah, “Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab,” J. Indones. Mengabdi, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2019.

V. D. Susanti and S. Maharani, “IbM MEMBANGUN ‘DESA CERMAT’ MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA,” J. Terap. Abdimas, vol. 1, p. 39, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Krismiyati Krismiyati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :