Pemanfaatan Blogspot sebagai Sarana Promosi Wisata Desa Sampalan Klod

Marina Yetrin Sriyati Mewu, Putu Sri Arta Jaya Kusuma, Gede Crisna Wijaya, I Made Chandra Mandira

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi yang sangat pesat membawa dampak yang baik bagi pemulihan perekonomian dan perkembangan desa guna mewujudkan desa yang maju dan berkembang baik dari segi potensi alam maupun karya tangan masyarakatnya. Promosi online saat ini telah menjadi kebutuhan bagi setiap kalangan. Menjamurnya berbagai sosial media seperti facebook, twitter, instagram dsb, forum-forum jual beli online, portal iklan baris dan blog seakan-akan mengamini fenomena dahsyat ini. Sehingga kami dapat memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang dilaksanakan di desa Sampalan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali Indonesia sebagai upaya pengembangan potensi desa Sampalan Klod. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mempromosikan potensi Desa Sampalan Klod sebagai salah satu desa yang memiliki potensi yang cukup bagus untuk dijadikan desa wisata melalui media blog. Metode yang diterapkan ialah melalui pembuatan blogspot dan penulisan artikel blog untuk memberikan gambaran menarik terkait potensi desa wisata. Blog resmi yang telah direvitalisasi pada kegiatan pengabdian kali ini telah mampu mempromosikan potensi desa wisata dengan lebih baik lagi karena menampung berbagai kegiatan masyarakat Desa Sampalan Klod ini. Sehingga diharapkan para pembaca yang mencari informasi terkait potensi Desa Sampalan Klod memperoleh lebih banyak informasi. Pada akhirnya, Blog promosi potensi desa Sampalan Klod akan semakin berkembang dan potensi desa pun semakin dikenal luas dan dapat membawa dampak yang baik bagi Desa Sampalan Klod.


Keywords


Promosi online, Potensi desa, Blogspot

Full Text:

PDF

References


Andiriyanto, A., & Yuliastina, R. (2020). PELATIHAN TIM CYBER KARANG TARUNA UNTUK PROMOSI PRODUK DAN POTENSI DESA LEGUNG BARAT. Jurnal ABDIRAJA, 3(1), 12-17.

Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). Optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi wisata pantai asmara.

Samura, O. (2017). Perancangan Media Promosi Pariwisata untuk Daya Tarik Wisata Permandian Muncul Banyubiru Kab. Semarang (Doctoral dissertation, Program Studi Destinasi Pariwisata FTI-UKSW).

Muttalib, A., Basri, B., & Wahyu, S. (2021). Digitalisasi Profile Desa Menggunakan Website Untuk Meningkatkan Potensi Desa Tandung. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 55-59.

Indah, I. N., & Yulianto, L. (2012). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok Pidra Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4).




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marina Yetrin Sriyati Mewu, Putu Sri Arta Jaya Kusuma, Gede Crisna Wijaya, I Made Chandra Mandira



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :