Pelatihan Bahasa Inggris bagi Pekerja Migran Indonesia Kategori Pemula

Maria Setyaningsih Nernere, Vita Astuti, Ignatius Indra Kristianto

Abstract


Pelaksanaan program pelatihan Bahasa Inggris bagi pekerja migran Indonesia di level pemula ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mitra. Kerjasama dengan IDN Global, pelatihan ini berfokus pada kemampuan Bahasa Inggris di level dasar. Koordinasi antara tutor, pihak IDN Global dan tim PkM hanya melalui media daring, tapi luaran yang dihasilkan dapat dirancang dan diaplikasikan dengan baik. Hal ini terukur respon positif para pekerja migran Indonesia yang menjadi peserta pelatihan yang terdokumentasi di form evaluasi kegiatan. Para pekerja migran didukung untuk semakin meningkatkan kompetensi Bahasa Inggrisnya sebagai nilai tambah mereka agar dapat bersaing dalam dunia kerja di luar Indonesia dan mewujudkan citra PMI yang berkualitas. Topik Batch IV tentang Kesehatan menjadi sangat relevan di masa pandemi dan menjadi wadah komunikasi yang baik antar para pekerja migran di perantauan. Berakhirnya program pengabdian ini menjadi awal kerja sama UAJY dan IDN Global untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka dalam topik pembelajaran lainnya.


Keywords


pelatihan, Bahasa Inggris, pekerja migran

Full Text:

PDF

References


BPS, 2013, Analisis Mobilitas Tenaga Kerja Hasil Sakernas 2012, BPS, Jakarta.

Maliki, M., Afrimadona, A., Hasyyati, S. A., & Farrahdiba, F, 2022, Pelatihan Bahasa Inggris Pekerja Migran Indonesia di Brunei Darussalam. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 5, Ed. 1, hal. 39-48.

Afriani, R., & Maimunah, M. (2020). Penguatan Ketrampilan Bahasa Inggris Pekerja Migran Indonesia (PMI) Cirebon. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 2, Ed. 1, hal. 75-88.

Meşe, E., & Çiğdem, S. (2021). Factors influencing EFL students’ motivation in online learning: A qualitative case study. Journal of Educational Technology & Online Learning, Vol. 4, Ed. 1, hal. 11–22

Putra, R. W. P. (2021). Improving the Students’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning. English Learning Innovation, Vol 2, Ed 1, hal. 35–42.

Carhill-poza, A., & Gounari, P., 2020, Student-Centered Learning Opportunities for Adolescent English Learners in Flipped Classrooms, Nellie Mae Education Foundation, Boston, M.A.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vita Astuti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :