Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Kuliner Di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Semarang

Dinar Anggit Wicaksana, Febrian Wahyu Christanto, Astrid Novita Putri, Ayang Fitrianti

Abstract


Salah satu kendala yang dihadapi oleh anggota kelompok UMKM Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Semarang adalah ketidakmampuan mereka untuk menggunakan media digital untuk mempromosikan produk makanan dan penyewaan tempat. Salah satu tujuan dari kegiatan ini supaya pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan membuat konten dan mempromosikan melalui TikTok dalam mendukung proses bisnis guna meningkatkan laba. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk membuat konten dan mempromosikan melalui TikTok untuk meningkatkan keuntungan mereka. Metode kegiatan ini adalah dengan mengajarkan peserta tentang cara membuat konten dan mempraktikannya dengan menggunakan smartphone melalui aplikasi Tiktok. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta UMKM mengalami peningkatan kemampuan, seperti yang ditunjukkan oleh hasil kuesioner post-test sebesar 97% terhadap jawaban "YA", yang menunjukkan bahwa peserta UMKM telah memahami materi pelatihan yang diberikan dan telah membuat konten video yang profesional untuk produk.

Keywords


Tiktok, konten, Kampung Jawi Semarang

Full Text:

PDF

References


Nasution, Winda, S. L. 2022. Digitalization of Marketing to Support MSMSs in the Midst of the Covid-19 Pandemic. Abdimas Talenta, No. 1, Vol. 7, 222-230. https://talenta.usu.ac.id/ abdimas/article/view/6546/4990.

Arda, Mutia. 2019. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT. Perwira (Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia), No. 1, Vol. 2, 61-69. https://perwiraindonesia. com/eJournal/index.php/perwira/article/view/21/13.

Rara, D. H. M. 2022. Media Sosial Sebagai Alternatif Penjualan Pengusaha Kain Jumputan Sutra Ditengah Pandemi Covid-19. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No. 1, Vol. 2, 45-52, https://doi.org/10.38043/parta.v2i1.3171.

Tiwow, V. A., Amin, B. D., & Sulistiawaty, S. A. 2021. Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online Bagi Kelompok Usaha Mikro. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No. 1, Vol 1, 32, https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24436.

Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. 2021. Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial dalam Strategi Marketing Bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), No. 3, Vol. 1, 83-92. https://ejournal.pskp.or.id/index.php/jpm/article/view/18/19.

Ahmad, N. S., Musa, R., & Harun, M. H. M. 2016. The Impact of Social Media Content Marketing (SMCM) towards Brand Health. Procedia Economics and Finance, No. 16, Vol. 37, 331-336, https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30133-2.

Chriswardana, B. D., Lina, A. S. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid – 19. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, No. 1, Vol. 12, 65-71. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index. php/khasanah.

Winda, P., Anis, E., Sri, N. 2023. Tiktok Sebagai Media Kreasi Oleh Konten Kreator Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal STIA Bengkulu Committee To Administration For Education Quality, No. 2, Vol. 2, 99-114. https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/ jsb/article/ download/106/142/745.

Kemala, D. 2023. Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital pada Aplikasi Tiktok Studi Kasus Akun Tiktok @zaaferindonesia. Jurnal Penelitian Inovatif, No. 2, Vol 3, 507-514. https://doi.org/10.54082/jupin.189.

Permatasari, V. I., Apriyanto, P., Putra, M. A., Asih, S. 2023. Penggunaan Tiktok Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Desa Jendi, Kecamatan Girimarto. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No3, Vol 6, 1135-1142. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/9827.

Dinar, A. W., Siti A., Titin, W., 2022. Peningkatan Kemampuan Editing Video Untuk Promosi UMKM Kampung Jawi Sukorejo Semarang. ABDIFORMATIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, No 2, Vol 2, 80-86. http://abdiformatika.org/ index.php/home/article/view/164/33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinar Anggit Wicaksana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :