Pelatihan Digital Marketing Bagi Ibu-ibu PKK sebagai Upaya Mendukung Pertumbuhan Womenpreneur

Cinantya Paramita, Amalia Amalia, Catur Supriyanto, Purwanto Purwanto

Abstract


Pemberdayaan perempuan merupakan strategi dalam meningkatkan peran perempuan dalam mengembangkan potensi diri agar dapat mandiri dan bahkan dapat berkontribusi positif terhadap pendapatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga. Program pemberdayaan perempuan dan keluarga dapat melalui pelatihan keterampilan, salah satunya adalah pelatihan digital marketing. Tujuan kegiatan pelatihan digital marketing yakni memberikan pengetahuan dan keterampilan perempuan maupun ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar dapat memotivasi untuk menjadi womenpreneure, bahkan mengembangkan bisnis di era modern. Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang. Pelatihan ini diberikan pemahaman secara teori mengenai pentingnya digital marketing dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis. Peserta pelatihan juga melakukan praktik untuk pemanfaatan teknologi digital dalam mempromosikan produk dan jasa. Keberhasilan pelatihan diukur dari peningkatan pengetahuan yaitu mampu menjawab soal dengan benar dengan nilai diatas 81 sebesar 100%, rerata tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatan pelatihan sebesar 90%.

Keywords


pemberdayaan perempuan, pelatihan, digital marketing

Full Text:

PDF

References


Suharnanik, S., & Yulairini, S., 2022, Family Welfare Empowerment (PKK) Role in Set Woman Cooperation to Support Economy Creative Empowerment Based on Community. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 77, 162173. https://doi.org/10.33788/rcis.77.10

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D., 2019, Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian Untukmu NegerI, 3(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506

Harahap, F. R., & Wijayanti, N., 2022, Memberdayakan Perempuan Melalui Gerakan Womenpreneur Di Industri Kemplang Pengolahan Ikan Di Desa Balunijuk Kabupaten Bangka, RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371378. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1835

Sandri, S. H., & Hardilawati, W. L., 2019, The Womenprenenurs: Problem dan Prospect in Digital Era. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(1).

Sunaryo, A., 2020, Implementasi Pemberdayaan Perempuan Melalui 10 Program Pokok PKK. Public Service and Governance Journal, 1(02). https://doi.org/10.56444/psgj.v1i02.1565

Novitasari, Sari, M. A., & Redyanita, H., 2021, Pelatihan Kewirausahaan Pemasaran Online dan Pengemasan Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Rumahan di RW. 02 Kelurahan Kalimulya Depok, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 (SNPPM-2021).

Suryadithia, R., Rachmi, H., Hamid, A., & Basa, P.M., 2021, Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Desa Kota Batu Bogor. Jurnal Abdimas PHB, 4(3).

Paramita, C., Amalia, A., & Trapsilo, G, 2022, Pelatihan Video Editing Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Digital Di Era Industri 4.0 bagi Santri Panti Asuhan Kafalatul Yatama, ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.602

Izzatillah, M., Hermawati, M., & Wulandari, S., 2022, Menjadi Womenpreneur Dengan Cerdas Bersosial Media Untuk Mengembangkan UMKM. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.11301

Lazuarni, S., Hendarmin, RM. R., & Wulandari, T.,2022, Pelatihan Desain Grafis Untuk Bisnis Di Zaman Serba Digital Dan Visual Kepada Mahasiswa Kota Palembang., SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7909

Choirina, P., Rohman, M., Tjiptady, B. C., Darajat, P. P., Fadliana, A., & Wahyudi, F., 2022, Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195

Natari, S. U., & Raharja, S. J. (2022). E-Desain Sebagai Strategi Pemasaran Digital Bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38614




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cinantya Paramita, Amalia Amalia, Catur Supriyanto, Purwanto Purwanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :