PENDAMPINGAN DESAIN LOGO DAN PERANCANGAN KATALOG PRODUK UMKM ROTI GILANG ARUM SEBAGAI STRATEGI PENINGKATKAN PRODUKTIVITAS
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang paling banyak berkembang saat ini adalah UMKM di bidang kuliner, seperti makanan dan minuman atau sering disebut sebagai FnB (Food and Beverage). Banyaknya UMKM yang bergerak di bidang kuliner, maka para pelaku usaha memerlukan strategi yang relevan untuk meningkatkan produktivitasnya dan memperluas akses pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan pendampingan desain logo dan perancangan katalog produk UMKM “Roti Gilang Arum” sebagai strategi peningkatkan produksi. Tahapan pelaksanaan pendampingan dimulai dari observasi, analisis lapangan, interview bersama mitra sertadokumentasi dengan metode pelaksanaan pendampingan adalah Participatory Action Research (PAR). PAR adalah metode penyadaran masyarakat mengenai potensi dan masalah yang ada serta mendorong keikutsertaan atau partisipasi masyarakat dalam kegiatan perubahan yang akan dilaksanakan. Keberhasilan program pendampingan katalog produk UMKM “Roti Gilang Arum” dapat dijadikan referensi untuk para pelaku usaha dan bermanfaat untuk memasarkan dan meningkatkan hasil produksinya ke pangsa pasar yang lebih luas. Secara khusus dengan adanya pelatihan desain grafis produk UMKM juga dapat mendorong dalam perancangan katalog produk UMKM "Roti Gilang Arum" sebagai strategi peningkatkan produksi di era digitalisasi marketing dan output riil dari pengabdian masyarakat oleh tim KKN-Tematik 35 ini terwujudnya peningkatan produktivitas dan menjadikan produk yang berdaya saing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Y. Novita, F. Fera, and P. C. Dewi, “Dampak Promosi Program Katalog Cinta Produk Lokal Sigi Terhadap Pelaku Usaha Mikro Di Kabupaten Sigi,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 37–41, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i1.111.
D. Detia Nurul Falah, A. Indra Gunawan, and M. Farid Najib, “Perancangan Aktivitas Pemasaran UMKM Percetakan Melalui Media Katalog,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 49, 2021.
A. Ahmad, “Strategi Pemasaran Umkm Roti Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Annisa Bakery Lerpak),” J. Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 2, pp. 477–486, 2023, doi: 10.31932/jpe.v8i2.2676.
Erwin Haryono, “Karya Kreatif Indonesia 2023: Kebaruan Dan Inovasi Kunci Kebangkitan Umkm,” Dep. Komunikasi, Bank Indones., vol. 2, pp. 1–2, 2023.
Pemerintah Kabupaten Ponorogo, “Miliki Resiliensi yang Tinggi, UMKM Ponorogo Terus Tumbuh.,” 10 Maret 2023, 2023, [Online]. Available: https://ponorogo.go.id/2023/03/10/miliki-resiliensi-yang-tinggi-umkm-ponorogo-terus-tumbuh/
A. A. Safei, A. Ono, and E. Nurhayati, “Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat,” Bandung: Simbiosa Rekatama Media, vol. 1, no. 1, pp. 1–86, 2020.
I. Imari, H. Maulana, K. R. Abadi, M. Ridlo, A. Suminto, and S. A. R. Harahap, “Peran ZISWAF untuk Penguatan Ekonomi Umat dan Aplikasinya dalam Pendampingan Perencanaan Keuangan Islam Bersama PCIM Malaysia,” Surya Abdimas, vol. 8, no. 1, pp. 34–47, 2023.
A. Suminto, A. M. Putra, I. Imari, M. Saddam, and A. Tri, “Pendampingan Branding Improvement dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami ‘ Brangkal Ketela ’ Desa Prayungan , Kabupaten Ponorogo,” J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy. Kepul. Riau, vol. 3, pp. 104–120, 2023.
N. Ainun, R. Maming, and A. Wahida, “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada UMKM,” Jesya, vol. 6, no. 1, pp. 674–681, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i1.967.
A. Suwandi, S. Susanti, and N. Nisrina, “Pengembangan Logo pada Produk sebagai branding UMKM di Desa Wisata Kertarahayu,” J. Tour. Creat., vol. 7, no. 2, p. 108, 2023, doi: 10.19184/jtc.v7i2.38775.
Ni Komang Triana Dewi, I Made Chandra Mandira, Putu Sri Arta Jaya Kusuma, and Gede Crisna Wijaya, “Pembuatan Design Logo Dalam Penunjangan Umkm ‘Entil’Makanan Khas Desa Penatahan,” Abdimas Galuh, vol. 5, no. 1, pp. 617–624, 2023.
N. W. Rustriani, N. P. N. Anggraini, and I. K. S. B. Satwam, “Perancangan Katalog Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm,” J. Masy. Mandiri, vol. 5, no. 5, pp. 2615–2624, 2021, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
D. I. I. Ulumuddin, D. P. Prabowo, and T. Haryadi, “Katalog sebagai Media Promosi bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 2, no. 02, pp. 181–194, 2016, doi: 10.33633/andharupa.v2i02.1206.
F. N. Azizah and M. Ikaningtyas, “Development Of Sustainable Business Model For MSME of Shrimp Crackers And Payus In The Digital Era,” J. Pelayanan Hub. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 65–80, 2023.
P. Choirina, B. C. Tjiptady, A. F. Fadliana, M. Rohman, F. Wahyudi, and Pangestuti P. Darajat, “Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang,” I-Com Indones. Community J., pp. 8–16, 2022, doi: 10.33379/icom.v2i1.1195.
DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Suminto, Khoirul Umam
Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statcounter
ABDIMASKU terindeks di :