Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Guru SD Citra Indonesia Sebagai Respon Kurikulum Merdeka
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Inggris selalu mengalami perubahan kedudukan baik itu menjadi mata pelajaran pilihan, muatan lokal atau mata pelajaran wajib pada setiap jenjang sekolah yang disesuaikan dengan penggunaan kurikulum yang berlaku. Dalam kurikulum merdeka, sekolah diberikan keleluasaan untuk menggali ilmu pengetahuan termasuk mengajarkan mata pelajaran bahasa inggris di jenjang sekolah dasar (SD) di mana bahasa inggris menjadi bekal dalam menguasai IPTEK di jenjang yang lebih tinggi dan tantangan global. Oleh karena itu, penting adanya untuk memberikan pengabdian masyarakat berupa peningkatan kemampuan bahasa inggris guru SD sebagai guru kelas yang mengampu semua mata pelajaran termasuk pelajaran bahasa inggris. Ada tiga kegiatan utama dalam program ini yaitu pemantapan materi, analisis soal, dan bedah buku ajar yang bertujuan untuk menambah pengetahuan bahasa inggris berupa kemampuan mendengarkan, membaca, berbicara, menulis, tata bahasa, dan pemahaman budaya sehingga guru kelas lebih mudah dalam menguasai materi pelajaran bahasa inggris yang akan diberikan kepada peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Mahbub, M, A., Nugraheni, D, A., Bulqiyah, S., Sari, D. 2021. Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Melalui Program English Day Pada Madrasah Aliyah. J-ABDIPAMAS: Vol. 5 No. 2. Hal. 139–146.
Maili, S.N. 2018. Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika (JUDIKA). Vol. 6 No. 1. Hal. 23–28.
Apipudin dan Saputra, E.R. 2023. Best Practice: Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didadktik: Vol. XIX No. 1. Hal 57– 65.
Rohimajaya, N, A. 2022. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMA Di Era Digital. Prosiding UNNES. ISSN 26866404. Hal. 825–829.
Oktavia, D., Habibah, Nur., Levandra., Kurniawan, R. 2023. Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Analysis Study. Jurnal Muara Pendidikan. Vol. 8 No. 1. Hal. 257–265.
Seken, I.K. 2015. Pengajaran Bahasa Inggris GLokal: Pendidikan Bahasa Asing Di Bawah Payung Budaya Nasional. Jurnal PRASI. Vol. 10 No. 19. Hal. 4–17.
Fitria, N.T. 2022. Pelatihan Tata Bahasa Inggris Dasar (English Basic Grammar) Untuk Pembelajar Pemula Di Indonesia. Jurnal ABDAYA. Vol 2 No. 1, Hal. 52–58.
Budisantoso, S. 2018. Grammatical Drill: Menggunakan Tenses Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Bahasa Inggris. Jurnal Linguistik Terapan. Vol. 8 No. 2, Hal. 14–22.
Hardi, V, A., & Rizal, M. S. 2020. Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karakteristik Pembelajar Muda Pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No.4. Hal. 775–1467.
Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. 2021. Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Dialektika. Vol. 8 No. 1. Hal. 32–41.
DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Woro Endah Sitoresmi
Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statcounter
ABDIMASKU terindeks di :