Upaya Peningkatan Ketrampilan Guru MGMP Fisika SMK Kabupaten Klaten dalam Penyusunan Media Pembalajarn Interaktif Melalui Pelatihan dan Pendampingan

Budi Astuti, Fianti Fianti, Teguh Darsono, Sutikno Sutikno, Agus Yulianto, Sukiswo Supeni Edi, Siti Firdhosiyah, Muhammad Rasyid Ridla, Krisna Ardi Nugroho

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru MGMP Fisika di Kabupaten Klaten mengenai penyusunan media belanja interaktif sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru Fisika dalam melaksanakan pelajaran fisika di kelas. Pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik, serta pemberian tugas dengan tata cara pelayanan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pendampingan. Berdasarkan angket yang diberikan kepada peserta, diketahui bahwa lamanya waktu mengajar tidak menentukan kemampuan guru fisika dalam menyiapkan media pembelajaran interaktif, tetapi melalui pelatihan-pelatihan yang diikuti oleh para guru dan pelaksanaan hasil pelatihan, hal tersebut berdampak pada keterampilan guru dalam menyusun media pembelajaran tersebut. Berdasarkan pendampingan yang diberikan juga dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun media pembelajaran interaktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Keywords


media pembelajaran interaktif, pelatihan, pendampingan

Full Text:

PDF

References


B. Bistari, “Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif,” Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, vol. 1, no. 2. p. 13, 2018. doi: 10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082.

W. Lubis, “Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 132–141, 2020, doi: 10.30743/bahastra.v5i1.3282.

L.D. Herliandry, Nurhasanah, M.E. Suban, dan H. Kuswamto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Penddikan, vol. 22, no. 1, pp. 65-70, 2020.

Fianti, W. Listiagfiroh, and Susilo, “Video tracker analysis: A strategy for measuring students communication and collaboration skills,” Journal Of Physics: Conference Series, vol. 1567, no. 2, pp. 3–8, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1567/2/022019.

A. Husna and E. Cahyono, “The Effect of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcomes and Creativity Article Info,” Jise, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

S. Agustini, D. Gunherani, W. Rahayu, B. Astuti, and F. Kamaliyah, “Upaya Peningkatan SDM Yayasan Pondok Sakinah melalui Pelatihan Soft Skill dan Hard Skill ( Kedisiplinan , Akuntansi , dan Perpajakan ),” Jurnal Pengadian Pada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 632–638, 2021.

A. Akmaludin, E. G. Sihombing, L. S. Dewi, E. Arisawati, and Rinawati, “Pelatihan Pembuatan Bahan Presentasi dengan Menggunakan PowerPoint bagi Staf Kesekretariatan Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 639–648, 2021, [Online]. Available: http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/870




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i3.2309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Budi Astuti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :