Digitalisasi Laporan Keuangan dan Peningkatan Pengetahuan Digital Marketing untuk meningkatkan pendapatan UMKM”

Hani Werdi Apriyanti, Judi Budiman, Provita Wijayanti

Abstract


Java Digital Native  merupakan salah satu komunitas yang fokus di bidang digital marketing.  Java Digital Native memiliki kelompok binaan UMKM yang berada di wilayah kota Semarang.  Kelopok binaan di bawah Java Digital native ini bergerak di bidang usaha makanan dan minuman dengan umur usaha 1 hingga 5 tahun. Sebagai pelaku usaha yang masih pada tahap awal, pelaku usaha tersebut membutuhkan  penguatan di sisi pengelolaan keuangan dan pemasaran produk. Java digital native dan kelompok PKM FE UNISSULA bersama sama melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan  pengelolaan keuangan berbasis digital, dan digital marketing.  Melalui kegiatan ini , sejumlah 19 pelaku usaha   yang memproduksi minuman kemasan, dan makanan kemasan, menjalankan usaha dan menghasilkan  produk yang dipasarkanmelalui pemasaran secara tradisional. Aktivitas penjualan tersebut, kurang efektif di tengah  perkembangan  digital saat ini. Untuk mengembangkan usaha, dan keberlanjutan usaha , kelompok UMKM perlu didukung dengan pendanaan yang cukup untuk mengembangkan usaha. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam kegiatan ini, adalah terkait dengan akses keuangan. Oleh karena itu, dieprlaukan pelatihan pengelolaan keuangan untuk mendukung akses keuangan. Oleh karena itu, Tim PKM melakukan pendampingan pelaporan keuangan untuk meningkatkan akses keuangan UMKM binaan java digital Native Semarang, dan pelatihan digital marketing untuk meningkatkan akses pasar.  


Full Text:

PDF

References


Azlina, N., Taufik, T., Putri, S. M., & Indrapraja, M. H. D. (2020). Pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM di Kabupaten Kampar. 2, 66–71.

Farhan, M., Novriansa, A., & Kalsum, U. (2020). Pengenalan Akuntansi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Desa Kota Daro , Kabupaten Ogan Ilir. 1(1), 47–54.

Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto, A. B. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan Dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil Dan MENENGAH. 9(2), 147–160.

Kurniawanysah, D., & Surabaya, U. A. (2017). Penerapan pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan sak etap pada umkm desa gembongsari kecamatan kalipuro kabupaten banyuwangi. 832–841.

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. 1(April), 17–21.

Savitri, R. V. (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Studi Pada Umkm Mr . Pelangi Semarang ) Keywords : accounting records , UMKM Kata Kunci : Pencatatan Akuntansi , UMKM Corresponding author : 5(2), 117–125.

Simanjuntak, N. H., Evie, T., Sumual, M., & Bacilius, A. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Berdasarkan Sak-Emkm ( Studi Kasus Pada Umkm Restoran Delli. 1(3), 35–44.

Sukoharjo, D. I. K. (2015). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa. UMKM diharapkan dapat - 103. 16(01).

Sulistyowati, Y. (2017). 49 REFERENSI: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol.5 No.2 Desember 2017. 5(2), 49–55.

Susanti, A., & Firmansyah, A. (2018). Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. 22(7).

Wardi, J., & Putri, G. E. (2020). Pentingnya Penerapan Pengelolaan Keuangan Bagi Umkm. 17(1), 56–57




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 hani werdi apriyanti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :