Pengembangan Pemasaran Kerajinan Anyaman Daun Pandan di Desa Tondomulo
Abstract
Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran kerajinan anyaman daun pandan untuk meningkatkan penjualan kerajinan sehigga perekonomian pengrajin di Desa Tondomulo dapat meningkat. Produk kerajinan yang berupa tas, topi, peci, dan tempat tisu, penjualan hanya dilakukan secara langsung antara pembeli dan pengrajin sehingga hasil penjualannya kurang maksimal. Pengrajin kurang memahami cara pemasaran online sebagai pemasaran secara online. Untuk mengatasi permasalah yang dihadapi oleh pengrajin adalah membuatkankan label dan akun media sosial yaitu instagram dan facebook. Target dalam pendampingan adalah pengrajin mampu memasarkan melalui media sosial di instagram dan facebook. Dalam kegiatan ini penulis menggunakan pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development) dengan menggunakan tahap Discovery untuk mengidentifikasi aset atau potensi yang dimiliki Desa Tondomulo. Untuk memperoleh data, penulis melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku usaha produk kerajinana anyaman daun pandan. Langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti adalah identifikasi pemasaran produk anyaman daun pandan yang telah dilakukan oleh pengrajin, identifikasi peluang pemasaran, pelaksanaan rencana kerja dan evaluasi. Hasil dari pengembangan pemasaran ini adalah label dan media sosial yang digunakan pengrajin untuk menarik minat pembeli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. Utami and I. Prasetyo, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk Community Empowerment Program Through Community Service in Improving Product Marketing Capabilities,” vol. 2, no. 1, pp. 20–27, 2020.
Mutmainnah, “Jurnal ilmiah feasible :,” vol. 1, no. 1, pp. 65–76, 2019.
S. Christanto, “Manajemen Dan Pengembangan Pemasaran Pada Usaha,” Agora, vol. 1, no. 3, pp. 1–11, 2013.
S. Al Idrus and Abdussakir, “Jurnal Ekonomi MODERNISASI,” J. Ekon. Mod., vol. 5, no. 2, pp. 117–126, 2019.
L. Moriansyah, “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, p. 124068, 2015.
D. Sasongko, P. M. Yuliawati, R. Nurhidayah, R. G. Utomo, A. Setyawan, and K. Suciati, “Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i1.3943.
D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta J. Sekr. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018.
S. J. Raharja and S. U. Natari, “PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 108, May 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i1.32361.
Muslih, A. Hadi, and A. A. Zaini, “Peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid 19 melalui home industri dengan memanfaatkan kain perca di desa kranji paciran lamongan,” KERIS J. Community Engagem., vol. 1, no. 1, pp. 18–26, 2021.
M. (IAIN K. P. dan P. M. (LPPM) Yasin, Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN_DR) IAIN Kediri Tahun 2021. 2021.
A. Busyaeri, T. Udin, and A. Zaenudin, “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon,” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, vol. 3, no. 1, pp. 116–137, 2016, doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.
A. Arista, Fahrizal, and M. Dirhamsyah, “Studi Pemanfataan Pandan Duri (Pandanus tectorius) di Hutan Tembawang oleh Masyarakat Desa Riam Mengelai Kecamatan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu,” vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.
DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Linda Rahmawati
Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statcounter
ABDIMASKU terindeks di :