Pendampingan E-Rapot Tahfizta Versi 1 Tahun Ajaran 2021/2022

Nurul Anisa Sri Winarsih, Muhammad Syaifur Rohman, Galuh Wilujeng Saraswati, Filmada Ocky Saputra

Abstract


Yayasan Pondok Do'a Ahlul Qur'an atau lebih sering disebut dengan Pondok Doaqu bergerak di bidang sosial keagamaan, khuusnya agama Islam. Pondok Doaqu memiliki visi “Menjadi Mukmin Terbaik Versi Allah SWT dengan Belajar dan Mengajarkan Al Qur’an”. Dari visi tersebut, Pondok Doaqu mendirikan Tahfizta (Tahfiz untuk Balita dan Anak). Tahfizta sudah memiliki 3 cabang di Semarang yaitu Tahfizta Greenwood, Ulul Albab, dan Kalipancur.c Tahfizta memiliki 45 santri yang tersebar di 3 cabang. Santri tersebut dibimbing oleh 7 Guru/ Ustadzah pengajar. Dalam 1 tahun pembelajaran di Tahfizta, terdapat 4x penerimaan rapot yaitu UTS UAS semester 1 dan UTS UAS semester 2. Penilaian tiap rapot meliputi Tahfiz (hafalan), pembelajaran Madrasah, materi keislaman, laporan perkembangan fisik, dan presensi. Para Ustadzah merasa kesulitan mengingat banyaknya indikator yang perlu diisi dan banyaknya murid yang dibina. Terkadang Ustadzah harus meneliti file satu per satu agar nilai rapot yang diinputkan tidak terlewat dan tidak ada kekeliruan. Terlebih proses pengisian rapot dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Word. Dilihat dari situasi dan permasalahan mitra, penulis melakukan pendampingan E-Rapot Tahfizta Versi 1 Tahun Ajaran 2021/ 2022.

Keywords


tahfiz, hafiz, e-rapot

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, I., Rahwani, R. and Badaruddin, K. 2022, Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru, Pedagogika, 13(Nomor 1), pp. 1–15. doi: 10.37411/pedagogika.v13i1.1128.

Puspaningrum, A. S. et al. 2020, Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia, Jurnal Komputasi, 8(2), pp. 94–101. doi: 10.23960/komputasi.v8i2.2692.

Effendi, J. et al. 2018, Aplikasi Model Bisnis Microbanking Syariah Di Indonesia, Iqtishadia, 10(2), p. 120. doi: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2241.

Febriyanto, E., Naufal, R. S. and Sulistiawati, 2020, Planning of the Web-based E-Raport Assessment System’, Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 2(1), pp. 48–58. doi: 10.34306/att.v2i1.27.

Ruspandi, M. 2020, Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penginputan Penilaian E-Raport Melalui Pelatihan Tik Di Smp Negeri 1 Kertasari, JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(2), pp. 167–177. doi: 10.47387/jira.v1i2.39.

Septiani, I. 2020, Perancangan Sistem Informasi Monitoring Hasil Belajar Siswa Tk Kristen Citra Bangsa, Jumpika, 4(Oktober), pp. C47-52.

McGarr, O. and Ó Gallchóir, C. 2020, Examining supervising field instructors’ reporting and assessment of technology use by pre-service teachers on school placement, Computers and Education, 146(November 2019). doi: 10.1016/j.compedu.2019.103753.

Isnain, N., Husain, A. and Rahmatika, 2020, Perancangan Aplikasi E-Rapor Pada Pendidikan Anak Usia Dini ABCD Berbasis Java Standard




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Anisa Sri Winarsih, Muhammad Syaifur Rohman, Galuh Wilujeng Saraswati, Filmada Ocky Saputra



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :