Sosialisasi Pemasaran Hasil Bumi Berbasis Digital Marketing di Desa Peneda Gandor, Kabupaten Lombok Timur, NTB

Gibran Satya Nugraha, I Gede Pasek Suta Wijaya, Fitri Bimantoro, Ario Yudo Husodo, Arik Aranta, Ramaditia Dwiyansaputra

Abstract


Pulau Lombok terkenal sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu pulau Lombok atau yang dikenal dengan bumi Sasak juga terkenal dengan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah ruah, yang tentunya harus dimanfaatkan dengan maksimal khususnya oleh masyarakat Lombok itu sendiri. Desa Peneda Gandor adalah salah satu desa di Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur. Sebagian besar penduduk Desa Peneda Gandor memiliki pekerjaan sebagai petani. Tidak mengherankan jika berkebun atau bertani menjadi sumber mata pencaharian warga Desa Peneda Gandor, karena hasil bumi yang melimpah tentunya menjadi lahan pekerjaan bagi mereka. Hasil bumi dari Desa Peneda Gandor antara lain adalah tembakau, cabe, tomat, pupuk organik, dsb. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sosialisasi pemasaran hasil bumi atau sumber daya alam berbasis digital marketing di Desa Peneda Gandor. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu warga Desa Peneda Gandor dalam memasarkan hasil buminya, sehingga nantinya dapat mengoptimalkan keuntungan dari hasil penjualannya. Materi yang diajarkan pada sosialisasi ini berkaitan dengan: Teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan hasil bumi berbasis digital marketing. Tutorial menggunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar produk. Kalimat promosi yang menarik perhatian calon pembeli. Tips berkomunikasi yang baik terhadap calon pembeli

Keywords


sosialisasi, digital, marketing, hasil bumi, pesan instan

Full Text:

PDF

References


R. Witarsa, N. Nurmalina, and M. Mufarizuddin, “Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 1104–1111, 2021.

Y. I. Mahendra, S. A. P. Lestari, and A. Kurniawan, “Penguatan Ekonomi Masyarakat Pasca Gempa Bumi Berbasis Desa Wisata Dusun Tanak Song Lauq, Kabupaten Lombok Utara,” in Prosiding Seminar Nasional Planoearth, 2021, vol. 2, pp. 82–87.

F. Asharudin and S. P. Dewi, “Optimalisasi Media Digital sebagai Strategi Pemasaran UMKM pada Masa Pandemi Covid-19,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 12, no. 3, pp. 549–554, 2021.

D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha ‘Kremes Ubi’ di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang,” Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 17–22, 2021.

Admin, “Website Desa Penede Gandor,” 2022. https://www.penedagandor.desa.id/

Katadata, “Pedagang Online Mayoritas Tawarkan Dagangan Lewat Pesan Instan,” 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/19/pedagang-online-mayoritas-tawarkan-dagangan-lewat-pesan-instan

D. S. I. G. A. Agung, M. Umiyati, and K. Nurwahyuni, “Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan dan Strategi Promosi di Masa Pandemi,” Postgraduated Community Service Journal, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

A. N. Praswati, W. Mukharomah, and M. J. Noor, “Transfer Pengetahuan Pemasaran Online Pada UMKM Makanan dan Minuman,” Abdi Psikonomi, pp. 23–32, 2021.

C. S. Feroza and D. Misnawati, “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun@ Yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan,” Jurnal Inovasi, vol. 14, no. 1, pp. 32–41, 2020.

T. D. Rosmalasari, M. A. Lestari, F. Dewantoro, and E. Russel, “Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung,” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gibran Satya Nugraha, I Gede Pasek Suta Wijaya, Fitri Bimantoro, Ario Yudo Husodo, Arik Aranta, Ramaditia Dwiyansaputra



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :